Game Engine Unity


Sejarah Unity Game Engine

Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 di Copenhagen Denmark oleh David Helgason sebagai CEO, Nicholas Francis sebagai CCO dan Joachim Ante sebagai CTO. Pertama kali, Unity Technologies menerima pendanaan dari Sequoia Capital, WestSummit Capital dan iGlobe Partners.

Tahun 2008, Unity menjadi game engine pertama yang mendukung penuh platform iPhone. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.

Tahun 2019, Unity Technologies memiliki nilai valuasi sebesar $6 Billion dan kembali mendapatkan suntikan dana sebesar $525 Million. Investasi tersebut digunakan untuk ekspansi penuh pengembangan real-time 3D platform untuk kreator di industri game dan industri lainnya (otomotive, arsitektur dan lain-lain).

Tahun 2020, tepatnya bulan Maret Unity Technologies melakukan akuisisi perusahaan bernama Artomatix. Sebuah perusahaan yang fokus pada pembuatan karya seni berbasis AI-Assisted untuk memecahkan masalah sulit di dalam membuat dan menskalakan konten berkualitas tinggi, memungkinkan seniman 3D lebih banyak waktu untuk fokus pada kreativitas.

Peruntukan Unity

Games

Pertama kali, unity memang banyak dipakai dan ditujukan untuk pembuatan games. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan editor yang disediakan mempermudah pengembang game untuk membuat game yang diinginkannya. Semua yang dibutuhkan pengembang untuk membuat games, sudah disediakan. 

Game-game yang dapat dibuat menggunakan Unity adalah hampir semua jenis games:

Console dan PC Games
Mobile Games
Instant Games
AR dan VR Games
Sedangkan fitur-fitur spesifik yang sangat bermanfaat adalah: 

High Definition Render Pipeline (HDRP)
Universal Render Pipeline
Data-oriented Technology Stack (DOTS)
Prefabs
Cloud Diagnostics
Shared Graph
Unity dan Havok Physics
2D Tools
Unity bahkan menyediakan berbagai fitur yang mendukung operational dan monetize seperti:

Multiplayer game servers
deltaDNA untuk keperluan personalized engagement
Multiplayer games 
Voice dan chat services
Live Ops tools
User Acquisition (tercatat sudah terinstall di 1.5 Milyar device)
Mobile business
Unity ads untuk monetize

Automotive, Transportation, Manufacturing



Berikutnya, Unity sekarang sudah bisa digunakan untuk bidang selain games yaitu automotive, transportation dan manufacturing. Setidaknya sudah ada beberapa manufactur yang bekerjasama seperti Audi dan Toyota. Beberapa produk Unity yang dapat digunakan di dalam bidang ini adalah:

Unity Pro
Unity Enterprise
Unity Reflect
Unity Simulation
Unity MARS
Unity ArtEngine
Furioos
HMI Toolkit
Contoh sukses yang menggunakan Unity adalah Autoliv, salah satu supplier otomatif terbesar untuk safety. Mereka menggunakan teknologi real-time 3D untuk visualisasi produk secara modern dan menjadikan outputnya dapat dipakai oleh berbagai departemen dan distributor mereka di seluruh dunia.

Film, Animation, Cinematics


Berikutnya Unity juga dapat digunakan di bidang film dan animasi. Salah satu kelebihannya adalah Unity dapat dipakai untuk membuat, mengiterasi dan kolaborasi secara real-time. Unity memungkinkan artist, producer dan director bekerja bersama-sama. 

Fitur-fitur yang sangat bermanfaat adalah:

Terintegrasi dengan berbagai DCCs (alembix, USD, FBX, dll)
Menggunakan HDRP untuk merender visual berkualitas tinggi
Mengedit animasi dengan tools yang familiar 
Melakukan record final frame secara kita preview
Menurut B. Water Studios, unity mempercepat pekerjaan mereka sampai 40%. Menurut Wise Blue, mereka bisa memproduksi lebih cepat dari bulan menjadi hari dengan Unity. Sedangkan Oats Studio menggunakan Unity mempercepat proses produksi mereka dari 1 tahun menjadi hanya 5 bulan.

Architecture, Engineering & Construction




Bidang berikutnya adalah arsitektur, engineering dan konstruksi. Berbagai studi kasus yang menggunakan Unity sebagai tools di bidang ini adalah: 

Mortenson menggunakan unity untuk membangun VR interaktif sebagai simulasi desain baru dalam bentuk 3D space interactives. Hal ini akan membuat iterasi menjadi lebih cepat, kualitas lebih baik dan biaya lebih murah.
Skansa menggunakan unity untuk membuat AR dan VR sebagai program training safety.
AEC menggunakan unity sebagai tools membuat XR, dimana XR tersebut dipakai untuk visualisasi secara realtime departemen sales & marketing. 

Pricing

Pada saat artikel ini ditulis, berikut rincian harga dari subscribe Unity. Ya benar, subscribe yang artinya kamu harus membayar setiap tahunnya.

Individual

Untuk student dan personal, GRATIS. Tetapi dengan syarat pendapatan di bawah $100.000 untuk 12 bulan terakhir. 

Plus

$399 per tahun atau $40 per bulan. Di mana kalau bayar langsung setahun akan lebih murah. Adapun syaratnya pendapatan atau funding 12 bulan terakhir maksimal $200.000.

Pro

$1,800 per tahun atau $150 per bulan. Di mana kalau bayar langsung setahun akan lebih murah. Adapun bagi pemilik pendapatan lebih dari $200.000 harus menggunakan tipe ini.

Enterprise

$200 per bulan per seat. Minimal untuk 20 seat dan revenue atau funding di atas $200.000 untuk 12 bulan terakhir.

Sumber

Komentar